Psy - Gentlemen Outline

Monday, February 18, 2013

Memahami formasi pada winning eleven PS2




Sadarkah kita bahwa terkadang kita memakai formasi yang salah sehingga tidak cocok dengan apa kita rencanakan. Boleh jadi itu disebabkan kesalahan dalam mengaturnya atau mengeditnya. Kesalahan itu memiliki beberapa efek. Antara lain beratnya game playnya permainan sehingga semua pemain terasa begitu lambat, berat dan bola mudah direbut lawan. Efek lainnya berdampak kacaunya pertahanan yang mengakibatkan posisi pemain belakang keluar dari zona pressnya atau boleh dikatakan terpancing pergerakan lawan. Lalu efek lainnya saat kita menyerang, striker kita pergerakkannya mudah ditutup oleh back lawan sehingga bola mudah direbut. Sebenarnya masih banyak lagi efeknya pada formasi yang salah. Mungkin kamu memakai formasi favoritmu dan kamu rasa sudah cocok kerena sering menang melawan temen-temenmu. Apakah kamu tahu kalau temen-temenmu itu punya skill tinggi? Mungkin kamu menang karena memang temanmu punya skill rendahan. Tapi bagaimana kalau skill lawanmu tinggi? Jelas dijamin kalang kabut. Menurut pengalaman saya kesalahan itu berawal dari ketidak-fahaman menu formasi dan arti yang dimaksud. Saya dirubrik ini mencoba membantu menguraikan apa fungsi dan artinya. Karena banyaknya versi jadi saya memilih versi terbaru PES 2009 yang lagi marak buat lomba baik nasional maupun internasional. Tetapi meskipun demikian perbedaannya dengan versi lain PS2 nyaris tak berbeda. Bahkan ps3 hampir sama cuma sebagian beda tempatnya. Tapi bila sahabat WE ada yang belum faham silahkan bertanya dan pasti kita bahas permasalahannya.

1. Member change atau substitutions

Menu ini untuk mengganti pemain yang akan di turunkan di lapangan saat kamu berada dalam menu formasi. Apabila sudah dalam permainan menu ini akan berfungsi sebagai pengganti pemain yang baru saja bermain. Bila menu ini tidak dapat di pilih atau tidak dapat digunakan, berarti ada kesalahan yang kamu lakukan. Pertama, mungkin kesempatan mengganti pemainmu telah habis dari stock yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua, bisa jadi misi permainanmu memang tidak boleh mengganti pemain seperti contoh pada pes 2008 di world tour. Ketiga, mungkin waktunya tidak tepat ketika kamu akan mengganti, jadi computer menutup menunya.

1. Set formations.

Untuk menu ini terdapat 3 pilihan. Pertama, “Now in Use” yang artinya formasi utama yang dipakai saat ini. Kedua, angka-angka yang menunjukkan list formasi. Ketiga, “Default” yang maksudnya formasi asli atau originalnya team yang sedang kita pakai saat ini. Bila kamu lebih masuk lagi maka kamu akan diberi pilihan aneka posisi pemain tengah. Selain ketiga menu diatas kamu juga bisa mengedit di menu ini pula dengan menekan tombol lingkarang.

2. Edit Posisi

Edit posisi adalah merubah posisi dari asalnya. Kamu bisa menggeser semau kebutuhanmu yang kamu rasa cocok dengan permainanmu. Setelah menggesernya kalian akan diberi menu keterangan posisi pilihan yang memungkinkan. Tidak perlu banyak penjelasan di sesi ini tetapi kamu jangan lupa masuk di pada rubrik FORMASI.

3. Team

Pada menu ini terdapat 9 menu lagi yang manfaatnya sebagai pendukung formasi utama. Meskipun demikian kamu jangan sembarangan menyusunnya karena permainanmu akan terasa ringan bila tepat menyusunnya.

Change Game Plan

Maksudnya ialah kamu bisa memilih strategy perintah dengan meletakkan icon tombol stick (¢ pÓ) sebagai tandanya. Lalu cara melancarkannya tombolnya dipadu dengan menahan L2 bila kamu memilih “Manual”. Cara ini sangat cepat sebagai pendukung serangan.Bila kamu memilih Balanced atau semi auto maka cara mengeluarkan hanya dengan menekan L2 saja dan lainnya automatis oleh CPU. Cara ini kurang cepat sebagai pendukung serangan, kamu ingin penjelasan kirim saja pertanyaannya ke blog ini. Sebagian memang tidak saya jelaskan karena banyaknya penjelasannya. Lalu bila kamu memilih Recommended atau full automatist artinya semua strategy perintahmu akan dikeluarkan CPU hanya bila dianggap perlu. Cara ini termasuk sangat lambat. Sebagai catatan semua strategy perintah akan sangat mendukung formasi kamu. Tapi apabila ada yang salah maka akan terjadi 2 perintah yang berbenturan lalu formasimu akan terasa berat. Lihat rubrik FORMASI. Lalu arti strategy perintahnya antara :

a No Strategy : tanpa strategy

b Center Att : semua pemainmu akan lebih cenderung ketengah lapangan sebagai pendukung serangan tengah.

c Right side Att : semua pemainmu akan lebih cenderung ke kanan

d Left side Att : semua pemainmu akan lebih cenderung ke kiri

e Opp side Att : semua pemainmu akan lebih cenderung ke sisi kanan dan kiri, jadi seranganmu bisa dikatan di 2 sisi/serangan sayap.

f Change side : posisi pemainmu yang lini depan atau tengah bersifat sayap akan pindah posisi ke posisi kebalikannya, dari ke kanan ke kiri dan yang kanan kekiri. Strategi ini sangat unik dan sering aku pakai saat-saat tertentu. Kenapa unik? Karena saat back lawan sibuk menempel sayap kita tiba-tiba pindah posisi. Bila back tersebut menempel ketat otomatis dia akan mengikuti sayap kita yang lagi pindah. Jadi ada ruang kosong di pertahanan lawan.

g CB Overlap : pemainmu bagian belakang yang telah kamu pilih akan ikut maju menyerang. Jadi seranganmu akan bertambah deras. Tapi bila lawan counter maka kamu harus tahu bahwa backmu ada yang out potition.

h Pressure / Zona Press : pemainmu bila di serang lebih mengutamakan menjaga daerahnya masing-masing , cover lawan hanya dilakukan bila bola di dekatnya.

i Counter Att : lini depanmu akan siap menyerang cepat saat lawanmu telah kehilangan bola. Penyerangan ini juga akan diikuti lini tengah dan lini belakangmu. Jadi formasi utamamu harus seimbang dengan strategy ini. Bila tidak kamu bisa-bisa tak menyadari saat diserang balik lini belakangmu out potition.

j Off Side Trap : ini adalah strategy jebakan off side. Kamu harus benar-benar ekstra hati-hati menggunakannya, karena bila timingnya tidak tepat maka jantung pertahananmu hanya mengharapkan keberuntungan kiper. Tapi sebaliknya bila di lakukan dengan tepat hasilnya jelas bagus.

k Plan A : bila kamu punya cadangan formasi cadangan maka secara otomatis keluar seperti yang telah kamu ditentukan pada rencana A. Tapi bila tidak di isi biasanya formasi defaultnya.

l Plan B : bila kamu punya cadangan formasi cadangan maka secara otomatis keluar seperti yang telah kamu ditentukan pada rencana B. Tapi bila tidak di isi biasanya formasi defaultnya.

Masih dalam menu Team

Strategi Plan A : berisi mengatur formasi khusus untuk mendukung formasi utama.
Strategi Plan B : berisi mengatur formasi khusus untuk mendukung formasi utama.

Strategy plan A dan B merupakan trick istimewa yang akan dibahas khusus dihalaman tersendiri, tapi kalau kawan WE nggak sabar ingin bertanya maka akan saya jawab pokoknya/inti saja.

Team Strategy : menu ini cenderung ditujukan bagi pertahanan kita. Menempatkan posisi semua back secara keseluruhan. Jadi pergerakan back bisa atur seperti apa yang kita perlukan saat defend maupun attack.

Back Line : bagaimana mengatur pergerakan baris pertahanan terutama Back saat kita menyerang

A : baris pertahanan akan bergerak maju

B : baris pertahanan akan bergerak mundur seperlunya

C : baris pertahanan akan mundur sampai di sekitar depan gawang

Off side Trap : bagaimana menerapkan strategy jebakan off side pada back (pertahanan)

A : baris pertahanan akan selalu aktif cari kesempatan menjebak offside

B : mencari kesempatan menjebak offside terkadang/ mendekati dibanding A

C : tidak mencoba sama sekali untuk menjebak offside / tidak aktif

Attack/Defence : menu ini untuk mengatur pergerakan sebuah team secara keseluruhan dalam permainannya entah kita ingin bertahan atau menyerang. Pengaturan ini bisa ditentukan oleh CPU atau kita sendiri. Cara mengaktifkan L2 tahan lalu tentukan pilihan R1 menambah level serang dan R2 menurunkan level

Manual : pergerakkannya 100% kita yang tentukan

Defensive : pergerakkannya pertahanan di bantu CPU tetapi kita juga masih bisa merubahnya.

Balance : pergerakan antara defend dan attack diseimbangkan CPU tetapi kita juga masih bisa merubahnya.

Attack Minded : pergerakan serangannya (attack) dibantu CPU tetapi kita juga masih bisa mengatur.

Recommended : semua jenis pergerakan 100% diatur CPU

Mark Settings :

keep succesfull layers : menempatkan/cover khusus pemain terhadap lawan(pemain kunci/key)
macro cancellation : netralisir taktik diatas.

Set Piece Taker/kicker selec : memilih penendang sesuai jarak kebutuhan dan skill pemain

long free kick : tendangan jarak jauh
short free kick : tendangan jarak pendek
left corner kick : tendangan penjuru kiri
right corner kick : tendangan penjuru kanan
penalty kick : tendangan 11 meter
auto setting : cpu automatis memilih pemain yang sesuai dengan jarak dan skill pemain

Select Captain : kamu diberi kesempatan memilih captain dengan tanda ban di salah satu pemainmu. Terkadang captain bisa mendongkrak mentality individunya sendiri dan teman2nya.
Change Setting/modify sett :

auto player change when play ; cpu otomatis akan mengganti pemainmu yang dirasa performanya menurun
auto player position when play ; cpu otomatis akan merubah posisi pemain yang sesuai dengan skill pemainmu. Setting 1 dan 2 punya hubungan yang signifikan.

Individual : perintah/command khusus tiap pemain dalam merespon pertahanan ataupun serangan

attack : ada icon panah 8 arah yang untuk menambah sugesti pergerakannya, kamu hanya bisa memilih maksimal 2 arah panah lalu tekan OK. ( strategy ini hanya berlaku saat kamu menyerang ). Jadi pemainmu akan mengikuti arah panah selama kamu menyerang.
defence : ada icon panah satu arah tetapi memiliki 3 sistem daya geraknya. Panah pendek gerak pemainmu cenderung lambat membantu pertahanan. Panah sedang gerak pemainmu cenderung bergerak dengan kecepatan biasa/standart dalam membantu pertahanan. Panah panjang gerak pemainmu cenderung cepat kembali pada pertahanan saat team kehilangan bola/diserang.
mark settings : perintah khusus untuk pressing lawan. Disini ada 2 type, normal pressing yang artinya pressing atau cover biasa dan aggressive yang artinya pressing dengan sifat lebih keras/aggressive tinggi.
edit position : kamu juga bisa merubah posisi atau mengedit selain di menu edit sebelumnya.
role select : kamu bisa merubah karakter lini tiap pemain. Misalnya dari CB ke LWB. Tapi kamu tidak bisa merubah CB jadi OMF atau CF karena CB adalah lini pertahanan/belakang sedangkan OMF lini tengah dan CF lini depan/serang.

Data Manager : tempat kamu menyimpan/saving hasil otak-atik formasimu. Ada sekitar 6 menu lagi disana

copy data : tempat meng-copy data formasimu
eliminate all stock data : menghapus data formasi
save data : menyimpan data formasi ke memory card
load data : mengambil data formasi dari memory card
exchange data : memindah data dari player 1 ke player 2 dan sebaliknya.

Top Menu : menu utama

Exit : keluar untuk bermain
Quick setting : setting cepat yang di atur Cpu
Auto setting : cpu akan menyarankan/memulihkan sistem permainanmu
Manual Settings : mengatur formasi secara manual
f

Penjelasan Quick setting : ada beberapa menu yang telah disediakan secara sederhana. Disana kamu akan menemukan 2 kolom menu lagi.

Kolom pertama :

Attack : formasimu akan lebih cenderung menyerang
Defend : formasimu akan lebih cenderung bertahan
Central attack : formasimu fokus pada serangan tengah
Side attack : formasimu cenderung serangan sisi
Change side : sisi serangan pindah di sisi lainnya
Post play : pemain fokus pada posisi default
Pleace sweeper: seorang back akan menjadi sweeper. posisi sweeper tidak selalu terpaku pada zonapressnya, jadi dia terkadang ikut mendekati bola.

Kolom kedua :

Keep layer successfully : salah satu backmu akan melakukan pressing pada pemain kunci lawan.
Important player ability : team akan cenderung menggunakan kemampuan non fisik
Important player condition : team akan cenderung menggunakan kemampuan/kelebihan fisiknya
Increase player attack : serangan akan di dibantu dari lini belakang
Increase player defend : pertahanan akan di bantu dari lini depan
Change player with fatigue or wound : cpu secara otomatis mengganti pemain yang drop/capai/cidera
Auto subtisusi while playing : pergantian pemain akan di kendalikan cpu saat dalam permainan

Confirm : untuk memastikan pilihanmu. Jadi setelah memilih menu untuk di contreng pilih yes pada Confirm

Suggestion : cpu akan memberi pilihan pada sistem permainanmu/ disarankan.

Menu Quick setting ini juga sebagai alat untuk membuat formasi unik dan aneh. Pada pilihan dan pengulangan Confirmasi yang tepat akan menghasilkan formasi template yang hebat, unik dan aneh! Jadi pada menu ini pantas untuk dikupas tuntas!


Baca juga Memahami formasi winning eleven PS2 Part2 untuk memahami tentang agility dll dan Trik mengendalikan kiper WE PS2

download juga lagu yang sering diputar diberita bola 2014


lagu di ps3 pes 2013 recomended lagu klik disini

Read more: 

No comments:

Post a Comment